RSS
Facebook
Twitter

Wednesday 27 November 2013












Ka'bah = Berhala?

Apa bedanya kita dengan oran kristan buda hindu yang saat mereka beribadah barhadapan dengan batu batu yang mereka anggap sebagai tuhan mereka, toh padahal umat islam pun saat beribadah menghadap ke ka’bah yang isinya batu? Sebuah pertanyaan yang mungkin kritis.

Umat Islam, kapan dan di mana pun berada, terutama saat munajat kepada Allah, maka selama hati mereka ikhlas untuk mencari Allah, tentu mereka akan mendapatkan Allah. Yang jelas, Allah tidak pernah memerintahkan kepada umat Islam untuk menyembah Ka'bah. Ka'bah yang terbuat dari batu sama sekali tidak disembah oleh umat Islam, tapi hanya melakukan apa yang di perintahkan oleh Allah dan tidak ada unsur menyembah meskipun kelihatanya orang islam saat di makkah sujud di depan ka’bah. Jadi, sekalipun menghadap Ka'bah, dia sesungguhnya hanya menyembah Allah semata, bukan kepada Ka'bah yang terbuat dari batu.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus menghadap Ka'bah? jawabanya "karena Allah yang memerintahkan umat Islam untuk menghadap ke Ka'bah, dan hal ini merupakan bentuk hokum islam yang bersifat ta’bbud,dalam arti sesuatu hokum yang akal akan menemui jalan buntu untuk meneliti lebih lanjut. Mungkin hal ini bisa di samakan tentang jumlah rakaat solat, kenapa ada yang 2,4,dan 3.

Jadi sekali lagi umat islam bukanya menyembah ka’bah yang berupa batu, tapi hanya untuk menjalakan perintah Allah semata.

0 comments:

Post a Comment